Cara Reset Mesin Cuci Samsung Diamond Drum

Mesin cuci samsung diamond drum berkapasitas 7 kg dengan top loading (muatan diatas). Dengan harga sekitar 3 juta an merupakan mesin cuci dengan top loading terbaik dikelasnya.


Berbagai macam kendala bisa dialami oleh mesin cuci dengan tipe digital. Seperti tombol start yang macet dengan bunyi dua kali, water level yang eror dan lain sebagainya. Kalau kita tidak paham dan asal membawa ke tukang service bisa jadi akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Penggunaan yang tidak sesuai prosedur bisa jadi membuat membuat mesin samsung diamond drum ini kepayahan hingga error dan akhirnya membutuhkan penanganan. Maka dari itu sebaiknya penggunaan mesin cuci sesuai dengan manual book yang ada.

Tetapi kadang banyak yang malas sehingga hanya mencet-mencet tombol tanpa mengerti maksud dari tombol tersebut dan akhirnya mesin cuci tersebut macet dan harus di service.

Untuk langkah awal penanganan sebelum dikirim ke teknisi, ada baiknya kita perbaiki dahulu. Selama kita tahu bahwa perangkat kerasnya tidak mengalami masalah, kita bisa mencoba memperbaiki dengan cara "HARD RESET". Untuk cara reset mesin cuci samsung dengan tipe diamond drum sangat mudah. Caranya sebagai berikut :

Tekan Tombol Reset dibawah Secara Bersamaan.


Rinse + Spin + Power

jika berhasil semua lampu indikator akan menyala. Matikan, kemudian nyalakan kembali. Jika memang permasalahannya membutuhkan reset mesin, maka kendala tersebut sudah teratasi.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Putaran Lemah Pada Mesin Cuci

Berikut adalah lebih dari 10 kode eror di mesin cuci samsung. Sebagai pengguna saja biasanya tidak memahami maksud dari kode eror tersebut. Berikut adalah penjelasan kode eror dan langkah yang memungkinkan untuk memperbaikinya.

Kode Eror DC


Ini adalah kode yang paling sering  terjadi di mesin cuci Samsung. Kode DC akan muncul saat pemutar mesin cuci atau pengering tertahan oleh sesatu. Memasukkan pakaian secara berlebihan dan membuat mesin pengering menjadi tidak seimbang juga membuat sensor spinning mendeteksi dan menahan untuk tidak berputar.

Tidak perlu khawatir, solusinya buka penutup mesin cuci dan atur ulang distirbusi pakaian kedalam tabung mesin cuci. Setelah semua pakaian tersusun tekan Start. Perlu diingat pakaian yang lebar atau berat seperti handuk atau bedcover sebaiknya dimasukkan tersendiri dan jangan digabung dengan pakaian lainnya.

Kode Eror DL


Kode eror ini seperti sebelumnya dan masih berkutat seputar door/pintu. Ketika kode eror ini muncul, mesin cuci akan berhenti berputar. Hal ini terjadi dikarenakan pintu pengering tidak tertutup dengan rapat.

Solusi dari kode eror ini, kamu harus mereset programnya. Pastikan semua pintu tertutup rapat. Jika ada yang mengganjal atau terjepit, ambil. Jika memang kapasitas pakaian overload atau berlebihan bisa dikurangi atau ditekan kedalam selama tidak melebihi berat kapasitas. Untuk mereset program, tekan tombol power dan matikan mesin cuci. Tunggu 15 hingga 30 detik dan nyalakan kembali. Saat ini program mesin cuci sudah tereset dan mesinnya sudah kembali siap untuk mencuci.

Kode Eror DS


Kode eror DS masih seputar permasalahan pintu. Kode ini akan muncul saat pintu tidak tertutup dan menekan tombol start.

Tutup pintu mesin cuci dengan rapat. Cek dan pastikan pintu tertutup dengan ketat. Jika telah yakin, matikan mesin cuci untuk merestart program mesin cucinya. Sekarang mesin cuci sudah siap untuk berputar.

Kode Eror FL


Kode eror ini juga berhubungan dengan pintu. Ketika pintu tidak bisa menutup maka akan muncul kode eror FL. Hal ini bisa terjadi karena ada yang mengganjal atau menahan pintu. Untuk menormalkan kembali, kamu harus me-restart kembali agar mesin berjalan normal. pastikan tidak ada yang mengganjal di pintu dan pintu dapat tertutup rapat.

Kode Eror HR


Berdasarkan alur pencucian, mesin cuci Samsung ada yang membutuhkan air panas dan dingin saat proses pencucian. Berdasarkan faktor pengecekan suhu, bisa jadi mengalami permasalahan disini. Saat temperatur menilai ada suhu yang melebihi batas, maka mesin cuci akan menampilkan kode eror HR.

Kode Eror LE


Untuk menggunakan mesin cuci tidak harus seorang yang ahli. Tetapi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan bagi penggunanya. Water level atau ketinggian air salah satunya. Jika mencuci pakaian dengan jumlah air yang sedikit saat dimulai akan muncul tampilan kode eror LE. Biasanya ini terjadi jika pengisian air tidak menggunakan selang air dan menggunakan gayung. Hal ini berarti mesin cuci membutuhkan ketinggian air yang cukup spesifik untuk memulai pencucian.

Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan suplai air menggunakan air keran yang terhubung ke mesin cuci yang akan otomatis menutup jika air di mesin cuci dirasa sudah mencukupi.

Kode Eror LO


ini kebalikan dari kode eror FL dimana permasalahan pada penutup pintu. Kamu mengharuskan untuk membuka pintu penutup. Saat mesin cuci menjadi begitu panas, kipas internal akan berjalan hingga mesin menjadi cukup dingin (55°). Sistem ini membantu internal heater dari kerusakan.

Tunggu beberapa saat hingga mesin sedikit dingin. Buka pintu dan ambil cucian.

Kode Eror E3


Kode eror ini menandakan mesin cuci sedang mengalami permasalahan yang serius. Walaupun sudah menjalankan berbagai menu di mesin cuci,m esinnya tetap tidak berputar. Kode E3 berarti motor pada mesin tidak bekerja baik untuk mencuci atau pengering.

Untuk langkah awal lakukan reset program seperti diatas. Jika masih belum berfungsi berarti perangkat motor mesin yang bermasalah.

Kode Eror ND


Kode ND berarti mesin cuci gagal untuk mengalirkan air kotor dan mengisi kembali dengan air. Tak perlu khawatir! Walaupun seperti masalah besar, solusinya cukup mudah.

Pertama, pastikan saluran air terhubung dengan baik dan tidak tersumbat. Kamu juga bisa membersihkan filter penghubung agar kode eror ini tidak muncul lagi.

Kode Eror NF


Saat mesin cuci mencoba untuk mengisi air tetapi gagal maka akan muncul kode NF. Yang berarti ini adalah kebalikan dari kode ND. Hal ini bukanlah masalah yang besar.

Pertama, pastikan keran terbuka. Kedua, periksa kondisi selang saluran air terhubung dengan baik dan tidak tersumbang atau terjepit. Terakhir, pastikan aliran air terhubung dengan baik.

Semoga cara reset mesin cuci samsung diamond drum ini membantu Anda. Selamat mencoba.

Cara Reset Mesin Cuci Samsung Diamond Drum
  1. Sudah di coba namun cuma sekali doang bisa .. esokan harinya tidak bisa lagi

    BalasHapus
  2. Sudah di coba tetap tidak mau star

    BalasHapus
  3. Kalau dengan kode eror c6 apa nya yang rusak gan

    BalasHapus
  4. gan saya mu tanya klo buat nyuci waktu kok nambah trus itu apa gan

    BalasHapus
  5. mesin cuci saya samsung model.wa80u3 ada masalah..apabila ditekan power..layar hidup ..kemudian keluar tanda IE..apa artinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. UE=ada yg tidak beres...kelebihan muatan cuci/penempatan mesin kurang rata/ada benda yg nyangkut dlm tabung... Pokoknya UE tanda yg menghambat rotari tabung... Swmoga manfaat...

      Hapus
  6. Kalau muncul error kode dd , dan lampu indikatpr smua nyala, tombol ga fungsi

    BalasHapus
  7. Mesin cuci saya merk diamond drum keluar kode Ed, saya cari info diinternet Eror door, setelah saya cek hingga saya buat langsung conek dengan menyambung kabel knop pintunya tp masih keluar kode Ed-nya dan mesin cuci masih blom bisa dioperasikan... Mohon info lebih lanjut, kenapa ya..??

    BalasHapus
  8. Mesin cuci sy direset mucul AH apa yang rusak ya

    BalasHapus
  9. mesin cuci keluar logo drum merah itu apa ya?

    BalasHapus
  10. Mesin cuci Samsung wf0702nce,tiba" tidak mau berputar dimenit 39 dari 65 menit,display tidak menunjukkan kode masalah,hanya angka 39 saja,kenapa?

    BalasHapus
  11. tombol start aja yg g berfungsi.. tombol lain mah bs itu knp yaa . mesin cuci merk samsung tabung depan uk 6kilo

    BalasHapus
  12. Kl reset mesin cuci panasonic 1 tabung gmn gan??

    BalasHapus
  13. Kalau mesin cuci tombolnya aktif.....tp begitu tombol start di teken tidak beroperasi mesinnya....itu kenapa ya min.

    BalasHapus
  14. Mesin cuci saya aneh,.airnya ngalir terus GK bisa dipakai buat nyuci

    BalasHapus
  15. Mesin cuci saya kok pas di on kok puter trs y,ap ygrusak y

    BalasHapus
  16. Samsung diamond drum muncul 1C..begitu tombol power di on..error apanya ya gaes

    BalasHapus